Baca Juga

.

.
.

Dianjurkan begini cara membuat masakan ayam opor

Sebaiknya begini cara membuat masakan ayam opor. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dijual di resto dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang nikmat. Kelebihan kuliner Indonesia merupakan rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga dipakai sebagai pewarna dan pengawet natural masakan.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan kebiasaan masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian gampang didapat di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang betul-betul tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik tapi tak mengurangi kelezatannya model simpel saja kerak telur yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang wajib ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang patut diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tidak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh kalau membuat sup, kuahnya keruh dan tak beraroma harum. Untuk menjadikan kuah sup yang bening dan harum, gunakan campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diaplikasikan untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan membuang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali menerapkan api kecil. Air rebusan kedua ini akan menjadikan kaldu yang bening, tak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar wangi-wangian sup lebih harum. Jangan memakai daun bawang atau daun seledri, sebab klorofil daun ini akan menciptakan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan metode ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Santan Pecah. Metode kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Kalau ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tidak menarik. Kuliner mengatasinya yaitu dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Kuliner Over Cook. Satu tipe kuliner seperti sup sayuran biasanya memakai bahan yang berbeda-beda. Cara teknik pengolahannya tak benar, sebagian bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan nutrisi tidak baik. Pengerjaan hasil kuliner optimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan menurut tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang semestinya dimasak secara khusus dahulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Kuliner Keasinan. Kuliner keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau cara memasak yang salah. Sistem Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum masakan diangkat. Memasukkan garam dari permulaan atau saat kuah kuliner masih banyak, membikin rasa asin garam terasa tepat. Masakan seiring lamanya cara kerja memasak, air akan menguap dan membikin kuliner terasa lebih asin.


Maka nafsu makan diawali indera pengelihatan. Masakan yang simpel akan memunculkan selera makan kalau disampaikan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya masakan menonjol lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di tiap-tiap tempat meskipun memiliki kesamaaan tapi setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer