Baca Juga

.

.
.

Bagaimana sebetulnya cara membuat masak rendang ayam

Penting untuk diketahui cara membuat masak rendang ayam. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di cafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang enak. Kelebihan kuliner Indonesia yaitu rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga digunakan sebagai pewarna dan pengawet alami masakan.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal merupakan salah satu kekayaan kultur masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kekenyangan, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang sungguh-sungguh tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik tapi tak mengurangi kelezatannya model sederhana saja kerak telur yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang semestinya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang mesti diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Pemakaian Mentah. Kita sering mendengar istilah, kuliner beraroma bumbu mentah. Ini disebabkan dikala menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Sedangkan bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sejenak sebelum dihaluskan agar bebauan lebih wangi dan tak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan dianjurkan disangrai terutama dulu agar bebauan kuliner lebih harum. Tak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan lebih-lebih dahulu sebelum dipakai. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas hingga memar sebelum diterapkan agar bebauan bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Metode kita membikin masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Bila ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan memecahkannya adalah dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang menggunakan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membuat sendiri, terkadang warnanya pucat dan tidak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan sistem ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya segala bahan dan bumbu sudah sesuai dengan takaran yang benar. Jikalau pembuatan juga meniru tanda resep. Kuliner hasil masakan terasa hambar. Sistem itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk memecahkan kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa pas.


Maka nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Masakan yang simpel akan menimbulkan selera makan jika dikenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap tempat walaupun memiliki kesamaaan namun tiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini dapat membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer