Baca Juga

.

.
.

Ini dia cara membuat bumbu dasar masakan indonesia

Dianjurkan begini cara membuat bumbu dasar masakan indonesia. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di kafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang enak. Kelebihan masakan Indonesia merupakan rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang dapat juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Seumpama makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih alami / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, jika dikonsumsi dalam rentang panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik namun tak mengurangi kelezatannya teladan sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan menggunakan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang patut ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang harus diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penggunaan Mentah. Kita tak jarang mendengar istilah, kuliner beraroma bumbu mentah. Ini disebabkan saat menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Meski bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan agar bebauan lebih wangi dan tak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan dianjurkan disangrai lebih-lebih dahulu supaya wangi-wangian kuliner lebih harum. Tak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terpenting dulu sebelum digunakan. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas sampai memar sebelum diterapkan agar wewangian bumbu lebih tajam.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, seandainya hasil masakan seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tidak empuk. Daging yang tak empuk kadang-kadang disebabkan sebab salah metode memasak. Memotong daging yang benar ialah melawan serat, jangan searah dengan serat daging.


3. Masakan Over Cook. Satu ragam masakan seperti sup sayuran biasanya mengaplikasikan bahan yang berbeda-beda. Cara teknik pengolahannya tidak benar, sebagian bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan gizi tak baik. Proses hasil masakan maksimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan berdasarkan tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang semestinya dimasak terutama dulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Kuliner Keasinan. Kuliner keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau cara memasak yang salah. Cara Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari awal atau saat kuah masakan masih banyak, membikin rasa asin garam terasa pas. Kuliner seiring lamanya proses memasak, air akan menguap dan membuat kuliner terasa lebih asin.


Karenanya nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan menimbulkan selera makan bila dipersembahkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya masakan terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di setiap daerah walaupun mempunyai kesamaaan melainkan tiap-tiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer