Baca Juga

.

.
.

Nah begini cara membuat ayam gulai masakan padang

Sebaiknya begini cara membuat ayam gulai masakan padang. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis membahayakan bagi kesehatan. Masakan Indonesia yang alami lebih disukai sebab mempunyai rasa tersendiri. Kecuali itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Misalnya umbi-umbian yang sekarang bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berdampak positif untuk pencernaan. Untuk menjadikan kuliner Indonesia yang memiliki ciri khas dibutuhkan bumbu yang natural dan asli dari tanah air. Bumbu yang penting dan mempengaruhi cita rasa sebuah kuliner yakni kecap.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan budaya kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian mudah didapat di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein sebab ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang sangat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan sistem yang unik melainkan tak mengurangi kelezatannya teladan simpel saja kerak telur yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang harus ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang semestinya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh jikalau membuat sup, kuahnya keruh dan tidak beraroma harum. Untuk mewujudkan kuah sup yang jernih dan harum, pakai campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diaplikasikan untuk membikin kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali menerapkan api kecil. Air rebusan kedua ini akan mewujudkan kaldu yang bening, tak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang supaya aroma sup lebih harum. Jangan memakai daun bawang atau daun seledri, karena klorofil daun ini akan menciptakan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan metode ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, seandainya hasil masakan seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tidak empuk. Daging yang tak empuk adakalanya disebabkan karena salah cara memasak. Memotong daging yang benar yakni melawan serat, jangan searah dengan serat daging.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang mengaplikasikan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Metode membikin sendiri, sekali-sekali warnanya pucat dan tidak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan cara ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Masakan Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya seluruh bahan dan bumbu telah sesuai dengan takaran yang benar. Sekiranya pembuatan juga mencontoh pedoman resep. Kuliner hasil masakan terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Untuk menyelesaikan kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membikin kuliner terasa ideal.


Maka nafsu makan diawali indera pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan menimbulkan selera makan sekiranya disampaikan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya masakan kelihatan lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap daerah meski mempunyai kesamaaan melainkan setiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel simpel dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer