Baca Juga

.

.
.

Seperti inilah cara membuat masakan enak

Ini dia cara membuat masakan enak. Tidak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dijual di cafe dan supermarket waralaba. Karena makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang nikmat. Kelebihan masakan Indonesia yaitu rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet alami masakan.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Seumpama makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih natural / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, sekiranya dikonsumsi dalam rentang panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan sistem yang unik melainkan tak mengurangi kelezatannya model simpel saja kerak telur yang dimasak dengan menggunakan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang harus ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang mesti diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tidak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh bila membikin sup, kuahnya keruh dan tak berbau harum. Untuk mewujudkan kuah sup yang jernih dan harum, pakai campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging dipakai untuk membikin kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali memakai api kecil. Air rebusan kedua ini akan mewujudkan kaldu yang jernih, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar bebauan sup lebih harum. Jangan menerapkan daun bawang atau daun seledri, karena klorofil daun ini akan menciptakan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan cara ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Santan Pecah. Cara kita membikin masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Sekiranya ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan menuntaskannya yakni dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang menggunakan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membuat sendiri, terkadang warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan cara ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya segala bahan dan bumbu telah layak dengan takaran yang benar. Kalau pembuatan juga mengikuti pedoman resep. Masakan hasil masakan terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Untuk mengatasi kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa pas.


Maka nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Kuliner yang simpel akan memunculkan selera makan seandainya dikenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya kuliner nampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap-tiap daerah sedangkan mempunyai kesamaaan melainkan setiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer