Baca Juga

.

.
.

Pola cara membuat gulai ayam masakan padang

Psikolog bicara tentang cara membuat gulai ayam masakan padang. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis membahayakan bagi kesehatan. Kuliner Indonesia yang alami lebih disukai sebab mempunyai rasa tersendiri. Selain itu, masakan khas dari Indonesia kaya akan serat. Seumpama umbi-umbian yang sekarang dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berakibat positif untuk pencernaan. Untuk menjadikan masakan Indonesia yang memiliki ciri khas diperlukan bumbu yang alami dan asli dari tanah air. Bumbu yang penting dan memberi pengaruh cita rasa sebuah kuliner yakni kecap.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Contohnya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih natural / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, jikalau dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan sistem yang unik tetapi tak mengurangi kelezatannya figur sederhana saja kerak telur yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang wajib ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang harus diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Pengaplikasian Mentah. Kita acap kali mendengar istilah, masakan berbau bumbu mentah. Ini disebabkan ketika menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Padahal bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan supaya bebauan lebih wangi dan tak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan direkomendasikan disangrai secara khusus dahulu supaya bebauan kuliner lebih harum. Tidak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terlebih dahulu sebelum dipakai. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas hingga memar sebelum digunakan supaya aroma bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Sistem kita membuat kuliner berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Apabila ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tak menarik. Masakan memecahkannya yaitu dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang menerapkan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membuat sendiri, terkadang warnanya pucat dan tidak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan sistem ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


 4. Masakan Keasinan. Masakan keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau metode memasak yang salah. Cara Anda telah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari awal atau saat kuah kuliner masih banyak, membuat rasa asin garam terasa pas. Kuliner seiring lamanya cara kerja memasak, air akan menguap dan membuat kuliner terasa lebih asin.


Maka nafsu makan diawali indra pengelihatan. Kuliner yang simpel akan menimbulkan selera makan seandainya diberi tahu dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar masakan nampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di tiap tempat meski mempunyai kesamaaan namun setiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel sederhana dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer