Baca Juga

.

.
.

Psikolog bicara tentang cara membuat masakan bahan dasar daging sapi

Ini harus Anda tahu cara membuat masakan bahan dasar daging sapi. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis berbahaya bagi kesehatan. Masakan Indonesia yang natural lebih disukai karena memiliki rasa tersendiri. Selain itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Contohnya umbi-umbian yang sekarang dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berimbas positif untuk pencernaan. Untuk menghasilkan masakan Indonesia yang mempunyai ciri khas diperlukan bumbu yang alami dan absah dari tanah air. Bumbu yang penting dan memberi pengaruh cita rasa sebuah masakan adalah kecap.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yakni salah satu kekayaan kultur masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian gampang diperoleh di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang baik dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang sungguh-sungguh tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan metode yang unik melainkan tak mengurangi kelezatannya model sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang mesti ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang seharusnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh kalau membuat sup, kuahnya keruh dan tak beraroma harum. Untuk mewujudkan kuah sup yang bening dan harum, gunakan campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging digunakan untuk membikin kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali menerapkan api kecil. Air rebusan kedua ini akan menciptakan kaldu yang bening, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar wewangian sup lebih harum. Jangan menerapkan daun bawang atau daun seledri, sebab klorofil daun ini akan menghasilkan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan cara ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, bila hasil kuliner seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tak empuk. Daging yang tidak empuk adakalanya disebabkan sebab salah cara memasak. Memotong daging yang benar adalah melawan serat, jangan searah dengan serat daging.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang mengaplikasikan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Metode membuat sendiri, sekali-sekali warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan cara ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya semua bahan dan bumbu sudah pantas dengan takaran yang benar. Apabila pembuatan juga meniru pedoman resep. Masakan hasil kuliner terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk mengatasi kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa tepat.


Karenanya nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan menimbulkan selera makan jikalau dikenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya masakan terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di setiap daerah meskipun mempunyai kesamaaan namun setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer