Baca Juga

.

.
.

Psikolog bicara tentang cara membuat makanan tradisional bahasa jawa

Sebaiknya begini cara membuat makanan tradisional bahasa jawa. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis membahayakan bagi kesehatan. Kuliner Indonesia yang alami lebih disukai sebab memiliki rasa tersendiri. Selain itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Semisal umbi-umbian yang sekarang bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berpengaruh positif untuk pencernaan. Untuk menghasilkan masakan Indonesia yang mempunyai ciri khas diperlukan bumbu yang alami dan asli dari tanah air. Bumbu yang penting dan mempengaruhi cita rasa sebuah masakan merupakan kecap.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yakni salah satu kekayaan budaya kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut gampang didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kenyang, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang sangat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan metode yang unik namun tidak mengurangi kelezatannya figur sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang mesti ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang mesti diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tidak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh apabila membikin sup, kuahnya keruh dan tidak beraroma harum. Untuk mewujudkan kuah sup yang bening dan harum, gunakan campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diterapkan untuk membikin kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan membuang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali mengaplikasikan api kecil. Air rebusan kedua ini akan menjadikan kaldu yang jernih, tak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar bebauan sup lebih harum. Jangan memakai daun bawang atau daun seledri, karena klorofil daun ini akan mewujudkan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan metode ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, seandainya hasil masakan seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tak empuk. Daging yang tak empuk adakalanya disebabkan sebab salah metode memasak. Memotong daging yang benar yakni melawan serat, jangan sejajar dengan serat daging.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang memakai bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membuat sendiri, sesekali warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan metode ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya seluruh bahan dan bumbu sudah cocok dengan takaran yang benar. Apabila pembuatan juga mengikuti tanda resep. Kuliner hasil masakan terasa hambar. Sistem itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk menyelesaikan masakan yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membikin masakan terasa tepat.


Karenanya nafsu makan dimulai indra pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan memunculkan selera makan apabila dikenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya masakan tampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap daerah walaupun mempunyai kesamaaan tapi tiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer