Baca Juga

.

.
.

Ini dia cara membuat makanan sederhana untuk buka puasa

Pola cara membuat makanan sederhana untuk buka puasa. Tidak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dijual di kafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang enak. Kelebihan kuliner Indonesia ialah rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yakni salah satu kekayaan budaya masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian mudah diperoleh di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein sebab ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kembung, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang sungguh-sungguh tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik melainkan tidak mengurangi kelezatannya figur sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang patut ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang sepatutnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penggunaan Mentah. Kita sering mendengar istilah, kuliner berbau bumbu mentah. Ini disebabkan ketika menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Padahal bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan supaya wewangian lebih wangi dan tak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan disarankan disangrai terpenting dulu agar wangi-wangian masakan lebih harum. Tidak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan secara khusus dulu sebelum digunakan. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas sampai memar sebelum digunakan agar wangi-wangian bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Cara kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Jikalau ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tidak menarik. Kuliner mengatasinya yaitu dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang menggunakan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membuat sendiri, kadang-kadang warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membikin bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan metode ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


 4. Masakan Keasinan. Masakan keasinan terjadi karena bumbu garam terlalu banyak atau cara memasak yang salah. Sistem Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari awal atau ketika kuah kuliner masih banyak, membuat rasa asin garam terasa pas. Masakan seiring lamanya cara kerja memasak, air akan menguap dan membikin kuliner terasa lebih asin.


Maka nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Masakan yang simpel akan memunculkan selera makan jikalau dikenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar masakan menonjol lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di setiap tempat meskipun mempunyai kesamaaan namun setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer