Baca Juga

.

.
.

Sebaiknya begini cara membuat telur masakan padang

Seperti inilah cara membuat telur masakan padang. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dijual di cafe dan supermarket waralaba. Karena makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang sedap. Kelebihan kuliner Indonesia yakni rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet berbahaya. seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga digunakan sebagai pewarna dan pengawet natural masakan.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan kultur kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kenyang, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang benar-benar tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan metode yang unik tetapi tidak mengurangi kelezatannya teladan sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan memakai kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang semestinya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang mesti diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Pengaplikasian Mentah. Kita sering kali mendengar istilah, kuliner beraroma bumbu mentah. Ini disebabkan dikala menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Meski bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sejenak sebelum dihaluskan supaya wangi-wangian lebih wangi dan tak berbau mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan disarankan disangrai terutamanya dulu supaya aroma kuliner lebih harum. Tidak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terlebih dulu sebelum digunakan. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas sampai memar sebelum digunakan supaya bebauan bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Sistem kita membuat kuliner berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Kalau ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan mengatasinya merupakan dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang menggunakan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Metode membikin sendiri, adakalanya warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membikin bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan cara ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


 4. Masakan Keasinan. Masakan keasinan terjadi karena bumbu garam terlalu banyak atau cara memasak yang salah. Cara Anda telah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum masakan diangkat. Memasukkan garam dari permulaan atau ketika kuah masakan masih banyak, membuat rasa asin garam terasa tepat. Kuliner seiring lamanya pelaksanaan memasak, air akan menguap dan membuat masakan terasa lebih asin.


Karenanya nafsu makan diawali indera pengelihatan. Masakan yang simpel akan menimbulkan selera makan kalau dipersembahkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar masakan tampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di setiap tempat meski mempunyai kesamaaan namun setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer