Baca Juga

.

.
.

Seharusnya begini cara membuat masakan jepang ala indonesia

Nah begini cara membuat masakan jepang ala indonesia. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dijual di kafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang nikmat. Kelebihan masakan Indonesia yakni rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang dapat juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal ialah salah satu kekayaan adat istiadat masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut gampang didapat di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein sebab ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Selain pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kekenyangan, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang betul-betul tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan metode yang unik tetapi tidak mengurangi kelezatannya contoh simpel saja kerak telur yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang harus ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang semestinya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Pengaplikasian Mentah. Kita tak jarang mendengar istilah, masakan beraroma bumbu mentah. Ini disebabkan dikala menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Padahal bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan supaya wangi-wangian lebih wangi dan tidak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan direkomendasikan disangrai khususnya dahulu agar wewangian kuliner lebih harum. Tidak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terpenting dahulu sebelum dipakai. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas sampai memar sebelum diaplikasikan supaya bebauan bumbu lebih tajam.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, jika hasil kuliner seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tak empuk. Daging yang tak empuk sekali-sekali disebabkan sebab salah cara memasak. Memotong daging yang benar ialah melawan serat, jangan sejalan dengan serat daging.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang mengaplikasikan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Metode membuat sendiri, sesekali warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membikin bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan sistem ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya seluruh bahan dan bumbu sudah sesuai dengan takaran yang benar. Kalau pembuatan juga meniru tanda resep. Kuliner hasil masakan terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Untuk memecahkan masakan yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membikin kuliner terasa tepat.


Maka nafsu makan diawali indra pengelihatan. Kuliner yang sederhana akan memunculkan selera makan apabila disampaikan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar masakan kelihatan lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap-tiap daerah meski mempunyai kesamaaan tapi setiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer