Baca Juga

.

.
.

Ini harus Anda tahu cara membuat makanan sederhana di rumah

Dianjurkan begini cara membuat makanan sederhana di rumah. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di kafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang enak. Kelebihan kuliner Indonesia yaitu rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet berbahaya. seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang dapat juga diaplikasikan sebagai pewarna dan pengawet alami kuliner.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yaitu salah satu kekayaan kebiasaan masakan Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut gampang diperoleh di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang amat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik tapi tidak mengurangi kelezatannya teladan simpel saja kerak telur yang dimasak dengan menggunakan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang sepatutnya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang semestinya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penggunaan Mentah. Kita sering kali mendengar istilah, masakan berbau bumbu mentah. Ini disebabkan ketika menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Meski bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sejenak sebelum dihaluskan agar wewangian lebih wangi dan tak beraroma mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan disarankan disangrai lebih-lebih dahulu supaya wewangian kuliner lebih harum. Tak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan khususnya dulu sebelum dipakai. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas hingga memar sebelum dipakai supaya wangi-wangian bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Sistem kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Sekiranya ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tak menarik. Kuliner mengatasinya merupakan dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang mengaplikasikan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Metode membikin sendiri, sekali-sekali warnanya pucat dan tidak renyah. Untuk membikin bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan sistem ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Masakan Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya semua bahan dan bumbu sudah cocok dengan takaran yang benar. Bila pembuatan juga mengikuti tanda resep. Kuliner hasil masakan terasa hambar. Metode itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk menyelesaikan masakan yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa ideal.


Maka nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Masakan yang sederhana akan memunculkan selera makan jika diberi tahu dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner tampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang kuliner indonesia di tiap-tiap tempat padahal memiliki kesamaaan melainkan tiap-tiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer