Baca Juga

.

.
.

Ini dia cara membuat makanan tradisional kuping gajah

Simak ulasan bagaimana cara membuat makanan tradisional kuping gajah. Tak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di kafe dan supermarket waralaba. Sebab makanan Indonesia punya banyak keunggulan kecuali rasanya yang enak. Kelebihan masakan Indonesia yaitu rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet berbahaya. seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang dapat juga diterapkan sebagai pewarna dan pengawet natural kuliner.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Contohnya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih natural / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, apabila dikonsumsi dalam rentang panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan sistem yang unik namun tidak mengurangi kelezatannya model sederhana saja kerak telur yang dimasak dengan menggunakan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang harus ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang seharusnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh jika membikin sup, kuahnya keruh dan tak berbau harum. Untuk menjadikan kuah sup yang bening dan harum, pakai campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging dipakai untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan membuang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali menggunakan api kecil. Air rebusan kedua ini akan mewujudkan kaldu yang jernih, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang supaya wewangian sup lebih harum. Jangan mengaplikasikan daun bawang atau daun seledri, karena klorofil daun ini akan menghasilkan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan cara ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Daging Terasa Alot. Sedih memang, jika hasil kuliner seperti rendang, sate, empal, atau gulai tekstur dagingnya terasa alot dan tak empuk. Daging yang tak empuk sekali-sekali disebabkan sebab salah metode memasak. Memotong daging yang benar yaitu melawan serat, jangan searah dengan serat daging.


3. Masakan Over Cook. Satu jenis kuliner seperti sup sayuran lazimnya menerapkan bahan yang berbeda-beda. Metode teknik pengolahannya tak benar, beberapa bahan akan terlalu matang (lunak). Kuliner, cita rasa, tekstur, dan nutrisi tak bagus. Proses hasil masakan optimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan menurut tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang wajib dimasak terlebih dahulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Masakan Keasinan. Kuliner keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau metode memasak yang salah. Sistem Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum masakan diangkat. Memasukkan garam dari awal atau saat kuah kuliner masih banyak, membuat rasa asin garam terasa ideal. Kuliner seiring lamanya cara kerja memasak, air akan menguap dan membuat kuliner terasa lebih asin.


Karenanya nafsu makan diawali indera pengelihatan. Kuliner yang simpel akan memunculkan selera makan sekiranya diperkenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner menonjol lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di setiap tempat padahal memiliki kesamaaan melainkan tiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini bisa membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer