Baca Juga

.

.
.

Penting untuk diketahui cara membuat makanan tradisional kukus

Pola cara membuat makanan tradisional kukus. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis membahayakan bagi kesehatan. Masakan Indonesia yang alami lebih disukai sebab memiliki rasa tersendiri. Selain itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Misalnya umbi-umbian yang kini bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berakibat positif untuk pencernaan. Untuk menjadikan kuliner Indonesia yang memiliki ciri khas diperlukan bumbu yang natural dan absah dari tanah air. Bumbu yang penting dan mempengaruhi cita rasa sebuah kuliner merupakan kecap.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Umpamanya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih natural / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, jika dikonsumsi dalam bentang panjang dapat menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan cara yang unik namun tidak mengurangi kelezatannya teladan sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang patut ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang wajib diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh apabila membuat sup, kuahnya keruh dan tak beraroma harum. Untuk mewujudkan kuah sup yang bening dan harum, gunakan campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging dipakai untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali menerapkan api kecil. Air rebusan kedua ini akan menciptakan kaldu yang bening, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar wangi-wangian sup lebih harum. Jangan mengaplikasikan daun bawang atau daun seledri, sebab klorofil daun ini akan menjadikan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan sistem ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Santan Pecah. Cara kita membuat kuliner berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Kalau ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan memecahkannya yakni dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak kuliner nusantara yang menggunakan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Cara membikin sendiri, kadang-kadang warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan metode ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Masakan Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya segala bahan dan bumbu sudah pantas dengan takaran yang benar. Apabila pembuatan juga mencontoh tanda resep. Kuliner hasil kuliner terasa hambar. Cara itu terjadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Untuk mengatasi masakan yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat kuliner terasa ideal.


Maka nafsu makan diawali indra pengelihatan. Kuliner yang simpel akan menimbulkan selera makan sekiranya dipersembahkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , senantiasa tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir supaya kuliner terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap-tiap tempat meskipun memiliki kesamaaan namun setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan sederhana dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer