Baca Juga

.

.
.

Bagaimana sebetulnya cara membuat ayam masak halia

Begini yang benar cara membuat ayam masak halia. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis berbahaya bagi kesehatan. Masakan Indonesia yang alami lebih disukai sebab mempunyai rasa tersendiri. Kecuali itu, masakan khas dari Indonesia kaya akan serat. Semisal umbi-umbian yang kini bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berakibat positif untuk pencernaan. Untuk mewujudkan masakan Indonesia yang mempunyai ciri khas dibutuhkan bumbu yang alami dan asli dari tanah air. Bumbu yang penting dan mempengaruhi cita rasa sebuah kuliner yaitu kecap.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yakni salah satu kekayaan budaya kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani selain palawija dan padi-padian. Umbi -umbian hal yang demikian mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini tertinggal jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein sebab ada ayam, telur, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan begah, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, mempunyai kandungan Omega 3 yang amat tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik melainkan tidak mengurangi kelezatannya figur simpel saja kerak telor yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang semestinya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang sepatutnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membikin hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah masakan Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tidak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh jikalau membuat sup, kuahnya keruh dan tak beraroma harum. Untuk menjadikan kuah sup yang jernih dan harum, pakai campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diaplikasikan untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali mengaplikasikan api kecil. Air rebusan kedua ini akan menciptakan kaldu yang bening, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang supaya wewangian sup lebih harum. Jangan memakai daun bawang atau daun seledri, sebab klorofil daun ini akan menjadikan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan cara ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Santan Pecah. Cara kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Bila ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tak menarik. Masakan menyelesaikannya merupakan dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Masakan Over Cook. Satu variasi kuliner seperti sup sayuran umumnya mengaplikasikan bahan yang berbeda-beda. Sistem teknik pengolahannya tidak benar, beberapa bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan gizi tidak bagus. Pengerjaan hasil masakan maksimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan berdasarkan tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang sepatutnya dimasak secara khusus dahulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


4. Masakan Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya semua bahan dan bumbu sudah pantas dengan takaran yang benar. Jika pembuatan juga mengikuti pedoman resep. Kuliner hasil kuliner terasa hambar. Metode itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk mengatasi kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membikin kuliner terasa tepat.


Karenanya nafsu makan dimulai indera pengelihatan. Kuliner yang simpel akan memunculkan selera makan sekiranya diberi tahu dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner menonjol lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di setiap daerah walaupun mempunyai kesamaaan tetapi setiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer