Baca Juga

.

.
.

Seharusnya begini cara membuat makanan tradisional kipo

Bagaimana sebaiknya cara membuat makanan tradisional kipo. Tidak perlu rendah diri dengan banyaknya makanan dan minuman luar negeri yang dipasarkan di restoran dan supermarket waralaba. Karena makanan Indonesia punya banyak keunggulan selain rasanya yang nikmat. Kelebihan masakan Indonesia merupakan rendah lemak dan bebas dari bahan pengawet membahayakan. seperti yang dikenal bahwa Indonesia kaya akan bumbu rempah-rempah yang bisa juga diterapkan sebagai pewarna dan pengawet alami kuliner.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Contohnya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih natural / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, jikalau dikonsumsi dalam bentang panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan metode yang unik melainkan tak mengurangi kelezatannya figur simpel saja kerak telur yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang mesti ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang sepatutnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penerapan Mentah. Kita sering kali mendengar istilah, masakan berbau bumbu mentah. Ini disebabkan dikala menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Sedangkan bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sebentar sebelum dihaluskan agar wewangian lebih wangi dan tidak berbau mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan dianjurkan disangrai terutama dulu agar wewangian masakan lebih harum. Tak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan terutamanya dahulu sebelum digunakan. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas hingga memar sebelum digunakan agar aroma bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Cara kita membikin masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Seandainya ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan menyelesaikannya yakni dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Kuliner Over Cook. Satu jenis masakan seperti sup sayuran biasanya menerapkan bahan yang berbeda-beda. Cara teknik pengolahannya tak benar, beberapa bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan nutrisi tidak baik. Cara hasil kuliner optimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan berdasarkan tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang semestinya dimasak terutama dahulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Masakan Keasinan. Masakan keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau metode memasak yang salah. Metode Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari awal atau ketika kuah masakan masih banyak, membuat rasa asin garam terasa tepat. Kuliner seiring lamanya cara kerja memasak, air akan menguap dan membikin masakan terasa lebih asin.


Karenanya nafsu makan diawali indra pengelihatan. Kuliner yang simpel akan menimbulkan selera makan sekiranya disajikan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar masakan terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap tempat padahal memiliki kesamaaan melainkan setiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan kuliner khas Indonesia yang mendunia.semoga tulisan simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan masakan negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer