Baca Juga

.

.
.

Seperti inilah cara membuat masakan dari bahan dasar telur

Psikolog bicara tentang cara membuat masakan dari bahan dasar telur. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis membahayakan bagi kesehatan. Kuliner Indonesia yang natural lebih disukai sebab memiliki rasa tersendiri. Kecuali itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Misalnya umbi-umbian yang sekarang bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berakibat positif untuk pencernaan. Untuk mewujudkan masakan Indonesia yang mempunyai ciri khas dibutuhkan bumbu yang alami dan orisinil dari tanah air. Bumbu yang penting dan memberi pengaruh cita rasa sebuah kuliner merupakan kecap.





Banyak mengandung serat, Bahan makanan lokal yaitu salah satu kekayaan tradisi kuliner Indonesia. Umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong, gadung dan bentoel banyak ditanam oleh petani kecuali palawija dan padi-padian. Umbi -umbian tersebut gampang diperoleh di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah. Selama ini masyarakat menganggap umbi-umbian ini ketinggalan jaman dan kurang bergizi. Harganya lebih murah, Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bagus dan sehat, seperti nasi uduk yang kaya dengan kandungan protein karena ada ayam, telor, tempe, dan lain-lain. Kecuali pula halnya dengan sumber makanan hewani seperti ikan kembung, ikan sarden, ikan patin, ikan lele, dan belut, memiliki kandungan Omega 3 yang benar-benar tinggi. Hampir sama dengan yang terkandung dalam ikan Salmon yang harganya jauh lebih mahal.





Banyak masakan Indonesia yang di buat dengan cara yang unik melainkan tak mengurangi kelezatannya teladan sederhana saja kerak telor yang dimasak dengan menerapkan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Selain itu ada sate, yang sepatutnya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang seharusnya diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi kian menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Kuah Sup Keruh dan Tak Harum. Banyak para ibu yang mengeluh bila membuat sup, kuahnya keruh dan tidak beraroma harum. Untuk menghasilkan kuah sup yang jernih dan harum, gunakan campuran potongan tulang dan daging. Potongan tulang dan daging diaplikasikan untuk membuat kaldunya. Rebus tulang-tulang untuk kaldu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan buang air rebusan pertama. Ganti air dan didihkan kembali memakai api kecil. Air rebusan kedua ini akan menciptakan kaldu yang jernih, tidak terlalu berlemak, dan harum. Tambahkan potongan batang seledri dan batang daun bawang agar bebauan sup lebih harum. Jangan mengaplikasikan daun bawang atau daun seledri, sebab klorofil daun ini akan menciptakan kaldu kehijauan. Tumis bumbu seperti bawang, lengkuas, atau daun serai dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan ke dalam kaldu, sengan cara ini, kaldu akan lebih harum dan lezat.


2. Santan Pecah. Metode kita membuat masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Bila ini tentu akan membikin tekstur makanan menjadi tak menarik. Kuliner menuntaskannya yakni dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk sampai mendidih.


3. Masakan Over Cook. Satu jenis kuliner seperti sup sayuran umumnya mengaplikasikan bahan yang berbeda-beda. Metode teknik pengolahannya tidak benar, sebagian bahan akan terlalu matang (lunak). Masakan, cita rasa, tekstur, dan nutrisi tidak bagus. Progres hasil kuliner optimal, bahan makanan sebaiknya dimasukkan menurut tingkat kematangannya. Seperti daging yang lebih lama matang wajib dimasak terutamanya dulu. Kemudian menyusul wortel, jagung pipilan, dan brokoli.


 4. Masakan Keasinan. Masakan keasinan terjadi sebab bumbu garam terlalu banyak atau cara memasak yang salah. Cara Anda sudah telanjur memasukan garam terlalu banyak, cobalah tambahkan sedikit gula dan air jeruk nipis untuk mengurangi rasa asin. Sebaiknya, masukkan garam sesaat sebelum kuliner diangkat. Memasukkan garam dari permulaan atau ketika kuah masakan masih banyak, membikin rasa asin garam terasa tepat. Kuliner seiring lamanya pengerjaan memasak, air akan menguap dan membikin masakan terasa lebih asin.


Karenanya nafsu makan diawali indra pengelihatan. Masakan yang simpel akan memunculkan selera makan kalau diperkenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap-tiap tempat padahal memiliki kesamaaan namun tiap penyajiannya senantiasa berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel sederhana dan singkat ini dapat membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer