Baca Juga

.

.
.

Bagaimana sebetulnya cara membuat masakan unik

Seharusnya begini cara membuat masakan unik. Lain dengan makanan non Indonesia yang sarat akan bahan sintetis berbahaya bagi kesehatan. Kuliner Indonesia yang alami lebih disukai karena mempunyai rasa tersendiri. Kecuali itu, kuliner khas dari Indonesia kaya akan serat. Umpamanya umbi-umbian yang kini dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Makanan yang mengandung banyak serat berdampak positif untuk pencernaan. Untuk menghasilkan masakan Indonesia yang memiliki ciri khas diperlukan bumbu yang natural dan autentik dari tanah air. Bumbu yang penting dan mempengaruhi cita rasa sebuah kuliner yakni kecap.





Makanan tradisional Indonesia itu lebih rendah lemak. Berbeda dengan makanan luar negeri yang mengandung banyak lemak. Contohnya makanan tradisonal seperti gado-gado, pecel atau makanan tradisional lainnya yang sehat. Lebih alami / non kimiawi, Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dan minuman yang berfungsi sebagai pemanis sintetis, pengawet, pewarna, serta penyedap rasa lainnya, sekiranya dikonsumsi dalam bentang panjang bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.





Banyak kuliner Indonesia yang di buat dengan cara yang unik tapi tak mengurangi kelezatannya figur simpel saja kerak telor yang dimasak dengan mengaplikasikan kuali dan dibalikan ke arah barah api. Kecuali itu ada sate, yang sepatutnya ditusuk dan dibakar, serta gado-gado yang mesti diuleg bersama bumbunya dan banyak lagi yang lainnya.


Teknik pengolahan yang benar serta penyajian yang menarik membuat hasil makanan khas Indonesia menjadi semakin menggugah selera. Berikut tip mengolah kuliner Indonesia yang benar:


1. Bumbu Penerapan Mentah. Kita kerap mendengar istilah, masakan berbau bumbu mentah. Ini disebabkan saat menumis bahan-bahan makanan, bumbu kurang matang. Walaupun bumbu seperti kunyit, jahe, dan terasi sebaiknya dibakar sejenak sebelum dihaluskan supaya wangi-wangian lebih wangi dan tak berbau mentah. Bumbu dari biji, seperti lada, ketumbar, adas, wijen dan, jintan dianjurkan disangrai terlebih dulu agar wewangian masakan lebih harum. Tak bumbu segar seperti serai, dan lengkuas sebaiknya dimemarkan secara khusus dahulu sebelum dipakai. Untuk bumbu yang berasal dari daun, seperti daun kunyit, daun jeruk, daun salam atau daun pandan, sebaiknya diremas sampai memar sebelum diaplikasikan agar bebauan bumbu lebih tajam.


2. Santan Pecah. Metode kita membikin masakan berkuah santan, seperti opor ayam atau soto betawi, seringkali santan bergumpal atau pecah. Jikalau ini tentu akan membuat tekstur makanan menjadi tidak menarik. Masakan menuntaskannya merupakan dengan merebus santan dengan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih.


3. Bawang Goreng Melempem dan Berwarna Kusam. Banyak masakan nusantara yang mengaplikasikan bawang merah atau bawang putih goreng sebagai bahan bumbu atau taburan. Sistem membuat sendiri, sekali-sekali warnanya pucat dan tak renyah. Untuk membuat bawang goreng yang menarik, iris bawang dengan pisau tajam tipis-tipis. Rendam dalam larutan garam selama 30 menit, lalu tiriskan. Goreng dengan minyak banyak. Dengan cara ini, bawang akan bercita rasa gurih, harum, dan berwarna kuning kecokelatan.


4. Kuliner Terasa Cemplang/Hambar. Banyak ibu yang mengalami hal ini. Rasanya segala bahan dan bumbu sudah sesuai dengan takaran yang benar. Apabila pembuatan juga mencontoh pedoman resep. Masakan hasil kuliner terasa hambar. Sistem itu terjadi, Anda tak perlu berkecil hati. Untuk menuntaskan kuliner yang terasa hambar, tambahkan sedikit gula pasir, garam, dan air jeruk nipis atau sedikit cuka. Kombinasi bumbu ini akan membuat masakan terasa tepat.


Maka nafsu makan diawali indera pengelihatan. Masakan yang simpel akan menimbulkan selera makan apabila diperkenalkan dengan wadah dan hiasan yang menarik. , selalu tambahkan garnis sebagai sentuhan akhir agar kuliner nampak lebih menarik dan menggugah selera. Memang masakan indonesia di tiap daerah padahal memiliki kesamaaan melainkan tiap-tiap penyajiannya selalu berbeda seperti : Gudeg jogja dengan Gudeg surabaya,Sate madura dengan Sate Jakarta,Soto Bogor dengan Coto Makasar dan masih banyak lagi yang lainnya. Itulah sebagian kelebihan masakan khas Indonesia yang mendunia.semoga artikel simpel dan singkat ini bisa membuka mata kita akan kuliner negeri Sendiri.


 

.

.
.

Postingan Populer